Home Jurusan Kuliah 5 Sekolah Kedinasan Gratis dan Dapat Uang Saku Idaman Orangtua

5 Sekolah Kedinasan Gratis dan Dapat Uang Saku Idaman Orangtua

45
0

 Sekolah kedinasan merupakan salah satu perguruan tinggi yang banyak di idam-idamkan oleh banyak pelajar bahkan oleh para orang tuanya. Sekolah kedinasan ini merupakan sebuah lembaga pendidikan khusus yang langsung berada dalam naungan suatu lembaga pemerintahan. Lalu apa sajakah yang termasuk kedalam sekolah kedinasan gratis dan dapat uang saku? Berikut ulasannya:

Daftar Sekolah Kedinasan Gratis dan Dapat Uang Saku
5 Sekolah Kedinasan Gratis dan Dapat Uang Saku


1. Multi Media Training Center (MMTC)

Pertama dalam daftar ini, adalah sebuah sekolah kedinasan bernama MMTC. Sekolah kedinasan ini memiliki nama lain yaitu Sekolah Tinggi Multi Media training centre yang berada dibawah naungan Kementerian Kominfo Republik Indonesia. Lembaga pendidikan ini telah berdiri sejak tahun 1985 dengan nama awalnya yaitu MMTC. Namun sekarang telah berubah menjadi Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta.

Kampus ini terbilang nyaman dengan sarana yang sangat memadai untuk keberlangsungan pendidikan didalamnya. Tenaga pengajarnya juga tidak kalah lengkap dan juga berpengalaman di bidangnya. Untuk saat ini STMM MMTC ini memiliki 2 jenis program pendidikan yang diantaranya adalah pendidikan atau sekolah kedinasan untuk aparat pemerintah dan juga ada yang namanya swadana untuk masyarakat umum.

2. STSN

Kedua, sekolah kedinasan gratis dan dapat uang saku dari pemerintah adalah Sekolah Tinggi sandi Negara yang disingkat STSN. Sekolah ini langsung berada dibawah naungan dari sebuah institusi dengan nama Badan Siber dan Sandi negara Republik Indonesia. STSN bertujuan untuk membentuk kualitas SDM yang handal dalam bidang siber, sandi, dan keamanan digital di Indonesia.

STSN belum berdiri selama STAN, institusi ini didirikan baru pada tanggal 17 Januari 2002. Lulusan dari STSN ini bisa langsung diangkat menjadi ASN juga sama dengan STAN. Namun nama dari STSN masih kalah bila dibandingkan dengan nama STAN yang sudah banyak diketahui orang awam. Kampus ini berada di wilayah bogor yang tepatnya di Jl. Raya Haji Usa, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

3. STIS

Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistika merupakan sebuah sekolah kedinasan yang bertujuan untuk mempersiapkan SDM yang ahli dan juga profesional pada ilmu statistik yang siap untuk dijadikan ASN. Sekolah ini berada langsung dibawah naungan badan Pusat Statistik Republik Indonesia yang didirikan sejak tahun 1958 dengan disertai surat keputusan dari Perdana Menteri RIS saat itu adalah Ir Djuanda.

Pendidikan disini tidak dipungut biaya alias gratis dan bisa langsung bekerja. Adapun yang menjadi fokus pendidikan disini adalah mengenai bagaimana pengolahan data, pembuatan program dan analisis disertai teknik yang baik dalam menyusun sistem informasi statistik. Jurusan yang terdapat disini dibagi kedalam 2 bidang saja, yaitu Statistika ekonomi dan Statistika Sosial.

4. IPDN

Salah satu sekolah kedinasan ini merupakan kepanjangan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri yang berada dibawah naungan kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. IPDN sendiri tidak dipungut biaya selama menempuh masa pendidikan, bahkan sudah disediakan asrama sehingga tidak perlu mencari kos lagi. Setelah lulus, alumninya akan ditempatkan di berbagai sektor pemerintahan.

5. Poltekim

Kepanjangan dari Politeknik Imigrasi yang berada dibawah naungan kementrian hukum dan HAM Republik Indonesia. Sekolah ini menggratiskan biaya untuk menempuh pendidikan sampai lulus. Alumni dari Poltekim juga diberi uang saku per bulannya, dengan jaminan prospek kerja yang cerah dan diangkat menjadi CPNS. Poltekim sendiri berpusat di wilayah Kota Depok, tepatnya di Jl. Raya gandul, Kecamatan Cinere, Depok, jawa Barat.

Itu dia pembahasan mengenai 5 Sekolah kedinasan gratis dan dapat uang saku. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah ilmu dan wawasan bagi pembaca, khususnya yang akan melanjutkan sekolah ke sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. Perlu diingat bahwa untuk masuk ke sekolah kedinasan itu tidaklah mudah, akan banyak melalui rintangan yang berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.