Home Jurusan Kuliah 5 Sekolah Ikatan Dinas Jurusan IPS yang Memiliki Peluang Kerja Bagus

5 Sekolah Ikatan Dinas Jurusan IPS yang Memiliki Peluang Kerja Bagus

51
0

 Sekolah kedinasan merupakan salah satu perguruan tinggi yang banyak diinginkan oleh banyak orang tak terkecuali orang dengan latar belakang jurusan IPS. Meskipun jurusan IPS sering dibandingkan tidak lebih baik daripada jurusan IPA, nyatanya banyak sekolah ikatan dinas yang membuka peluang untuk alumni jurusan IPS. Berikut ini merupakan 5 Sekolah Ikatan dinas Jurusan IPS yang banyak diminati:

Sekolah Ikatan Dinas Jurusan IPS yang Memiliki Peluang Kerja Bagus
5 Sekolah Ikatan Dinas Jurusan IPS 

1. PKN STAN

Pertama dalam daftar ini diisi oleh salah satu sekolah ikatan dinas terfavorit yaitu Politeknik Keuangan Negeri Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau biasa disingkat PKN STAN.  Sekolah ini memang sangat terkenal di Indonesia tidak kalah terkenal dengan PTN favorit seperti UI dan UGM contohnya. Sekolah ini berada dalam bawah naungan kementrian Keuangan republik Indonesia.

Untuk alumni jurusan IPS di SMA, PKN STAN memiliki jurusan yang berkaitan dengan jurusan IPS. Apalagi Sekolah ikatan dinas ini tidak menentukan apakah calon pendaftar harus seorang jurusan IPA atau IPS. Program Studi yang ada di PKN STAN dibilang lumayan beragam mulai dari diploma 1 sampai dengan tingkat diploma 3.

2. IPDN

Institut Pemerintahan Dalam Negeri yang biasa dikenal dengan sebutan IPDN juga tidak kalah tenar dengan STAN. Sekolah ikatan dinas ini menjadi favorit bagi siswa SMA terutama jurusan IPS yang ingin menjadi bagian darinya. Dari persyaratan untuk mendaftar ke IPDN, tidak ada keharusan dari pihak panitia untuk berasal dari jurusan tertentu saja. Bahkan pendaftaran terbuka bagi pendaftar yang memiliki ijazah paket C.

Kualitas dari sekolah kedinasan ini juga sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Lulusan IPDN telah banyak mengisi berbagai jabatan yang ada di berbagai bagian pemerintahan yang ada di Indonesia. Sesuai dengan kualitasnya, tentu untuk mendaftar di IPDN ini banyak persyaratan ketat yang harus dipenuhi oleh pendaftar.

3. STTD

Sekolah Ikatan dinas Jurusan IPS selanjutnya adalah Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau biasa disingkat STTD. Sekolah kedinasan ini berada dalam naungan Dinas Perhubungan yang berfokus pada penyelenggaraan pendidikan berbasis akademik dalam bidang transportasi darat. Dikatakan bahwa sekolah kedinasan ini lebih berpeluang bagi siswa yang berasal dari jurusan IPS.

4. Poltekim

Selanjutnya ada Politeknik Imigrasi yang bisa jadi pilihan bagi siswa yang berasal dari jurusan IPS. Sekolah kedinasan ini salah satu perguruan tinggi kedinasan yang telah berdiri sejak lama. Yaitu sudah didirikan pada tahun 1962 dan berada dalam naungan Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Peluang untuk memasuki Poltekim ini bisa sangat terbuka lebar untuk siswa dari berbagai jurusan.

5. STIN

Bagi yang senang dengan sesuatu berbau intelijen mungkin akan senang dengan sekolah kedinasan yang dibawah naungan Badan Intelijen Negara ini. Institusi ini bernama Sekolah Tinggi Intelijen Negara yang didirikan pada tahun 2003 ini sudah menjadi pusat pendidikan intelijen negara sesuai dengan UU 17/2011. Jurusan yang ada disini terbagi 2 menjadi Jurusan agen negara dan Analis Intelijen Negara.

Itulah beberapa peluang untuk Sekolah Ikatan Dinas Jurusan IPS yang ternyata tidak sesempit yang dibayangkan. Para lulusan jurusan IPS tentunya harus percaya diri dan bangga jika berasal dari jurusan IPS. Karena jurusan IPS juga tidak kalah memiliki banyak peluang dan prospek yang baik untuk kedepannya. Semoga ulasan diatas dapat menjadi pembakar motivasi untuk lebih giat belajar dalam tujuan meraih cita-cita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.