Home Beasiswa Kuliah Luar Negeri 5 Program Beasiswa S2 Luar Negeri Fully Funded untuk Mahasiswa Indonesia

5 Program Beasiswa S2 Luar Negeri Fully Funded untuk Mahasiswa Indonesia

135
0

 Tamat kuliah tingkat S1 di Indonesia, tak ada salahnya untuk bermimpi lebih tinggi lagi. Cobalah untuk mencari peluang berkuliah jenjang S2 di luar negeri. Saat ini ada banyak program beasiswa S2 luar negeri fully funded yang bisa didapatkan. Tentu akan sangat menguntungkan jika bisa kuliah di negara asing dengan biaya nol rupiah. Kali ini akan dibahas beberapa pilihan program beasiswa S2 di luar negeri yang bersifat fully funded.

5 Program Beasiswa S2 Luar Negeri Fully Funded untuk Mahasiswa Indonesia
5 Program Beasiswa S2 Luar Negeri Fully Funded untuk Mahasiswa Indonesia


1. Chevening

Program beasiswa yang satu ini sangat populer di kalangan pelajar dan selalu ramai oleh pendaftar setiap tahunnya. Chevening merupakan sebuah program beasiswa yang dipersembahkan oleh pemerintah Inggris lewat Foreign and Commonwealth Office. 

Program ini dapat diakses oleh pelajar asal Indonesia dan terbuka bagi yang ingin melanjutkan program pendidikan magister atau S2. Ada beberapa nama universitas yang bisa dipilih oleh pelamar Chevening. Sebut saja University of Nottingham juga New Castle University. 

Selain itu ada juga Swansea University serta University of Surrey dan masih banyak lagi. Beasiswa ini akan mencakup uang kuliah penuh, uang hidup bulanan, biaya pulang pergi Indonesia Inggris, tunjangan datang dan pulang, juga biaya visa.

2. Beasiswa LPDP

Tak perlu mencari yang jauh, dari pemerintah Indonesia sendiri terbuka peluang untuk berkuliah master ke luar negeri secara gratis. Pemerintah selalu membuka pendaftaran program beasiswa ini setiap tahun. Program ini akan memberikan biaya kuliah penuh, uang saku bulanan, juga biaya PP bagi mahasiswa yang berhasil lolos seleksi.

Sebenarnya beasiswa LPDP ini terbuka bagi calon mahasiswa magister baik yang ingin berkuliah di dalam maupun luar negeri. Pelamar bebas memilih ingin berkuliah di negara apa dan universitas mana. Setelah lulus master, bahkan mahasiswa bisa mendapat kesempatan lagi untuk melamar beasiswa LPDP dan lanjut program doktoral.

3. Monbukagakusho

Bagi calon mahasiswa yang ingin lanjut kuliah master ke Jepang, ada beasiswa Monbukagakusho yang siap membantu. Program beasiswa ini disediakan oleh pemerintah Jepang dan bisa diakses oleh mahasiswa asal Indonesia. Biaya yang diberikan bersifat fully funded dimana mahasiswa akan dibiayai kuliah secara penuh, mendapat tunjangan hidup, juga tiket PP Jepang Indonesia.

4. Eiffel

Dari namanya sudah bisa ditebak program beasiswa ini akan membawa calon mahasiswa berkuliah dimana. Program beasiswa Eiffel akan memfasilitasi mahasiswa asal Indonesia untuk berkuliah di Prancis. Beasiswa Eiffel bisa diakses oleh mahasiswa yang akan lanjut ke jenjang S2 di beberapa universitas di Prancis.

Program ini merupakan beasiswa S2 luar negeri fully funded yang sayang untuk dilewatkan. Mahasiswa akan mendapat biaya kuliah penuh, tunjangan hidup bulanan, tiket PP, biaya transportasi, asuransi kesehatan, dan lain sebagainya. Intinya, mahasiswa bisa berkuliah gratis di Prancis dengan fasilitas yang diberikan pihak pemerintah.

5. KGSP

Jenis beasiswa berikutnya yang bisa dipertimbangkan adalah KGSP atau dikenal juga sebagai Korean Government Scholarship Program. Pihak pemerintah Korea Selatan memberi peluang bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia, untuk berkuliah master di Korea Selatan. Mahasiswa akan mendapatkan beasiswa penuh mulai dari biaya kuliah hingga tiket PP serta tunjangan hidup bulanan selama berkuliah.

Itulah tadi 5 pilihan program beasiswa S2 luar negeri fully funded yang bisa diakses mahasiswa asal Indonesia. Semua program beasiswa ini memiliki peminat yang tinggi setiap kali pendaftaran dibuka. Pastikan untuk memiliki persiapan yang matang sehingga bisa bersaing dan unggul di antara para pelamar lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.