Home Jurusan Kuliah 5 Pilihan Universitas yang Ada Jurusan Tata Boga di Indonesia

5 Pilihan Universitas yang Ada Jurusan Tata Boga di Indonesia

75
0

 Memilih jurusan berdasarkan passion sangatlah penting supaya lebih bersemangat dan optimis menjalani kuliah. Bagi pelajar dengan bakat di dunia kuliner, cocok sekali jika memilih program studi tata boga. Ada beberapa nama universitas yang ada jurusan tata boga di Indonesia. Peluang berkarir di dunia kuliner terbuka lebar bagi para lulusan jurusan ini. Berikut akan dibahas pilihan universitas di indonesia yang telah membuka jurusan tata boga:

5 Pilihan Universitas yang Ada Jurusan Tata Boga di Indonesia

1. Universitas Negeri Yogyakarta

Kota pelajar Yogyakarta membuka peluang bagi pelajar yang ingin kuliah tata boga. Jurusan ilmu ini bisa ditemui di UNY atau Universitas Negeri Yogyakarta. UNY merupakan salah satu universitas favorit di Indonesia. Terkenal dengan jurusan kependidikan dan keguruan, ternyata UNY juga menjadi tempat yang tepat untuk belajar ilmu boga.

Jurusan tata boga di UNY ada di Fakultas Teknik tepatnya Pendidikan Teknik Boga dan Busana. Ada beberapa pilihan jenjang pendidikan yang bisa ditempuh. Mahasiswa bisa mengambil program D4 Tata Boga, D3 Teknik Boga, serta S1 Pendidikan Teknik Boga. Materi belajar tidak hanya seputar dunia boga tetapi juga meliputi ilmu pastry, penyusunan resep, menu, serta penyajian hidangan.

2. Universitas Pendidikan Indonesia

Belajar tata boga juga bisa dilakukan di Bandung tepatnya di Universitas Pendidikan Indonesia atau dikenal juga dengan nama UPI. Jurusan tata boga di UPI bisa ditemukan di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Universitas ini juga berstatus negeri dan menjadi salah satu pilihan favorit pelajar yang berminat di dunia tata boga. Di UPI mahasiswa bisa memperluas ilmu dunia boga, pastry, hingga manajemen katering.

3. Universitas Negeri Malang

Peminat tata boga di Indonesia sebenarnya sangat dimudahkan karena ada banyak pilihan universitas yang membuka jurusan ini. Salah satunya adalah Universitas Negeri Malang atau UM. Universitas ini membuka program S1 Pendidikan Tata Boga yang menjadi bagian dari Fakultas Teknik dan jurusan Teknologi Industri.

Selain menawarkan program S1, UM juga membuka peluang bagi pelajar yang ingin mengambil program D3 Tata Boga. Materi kuliah yang akan dipelajari juga sangat luas tidak hanya seputar pengelolaan kuliner. Mahasiswa juga akan belajar dasar ilmu boga, pengendalian mutu makanan, desain boga, serta masih banyak lagi.

4. Universitas Negeri Jakarta

Pelajar asal Jakarta tak perlu jauh-jauh mencari kampus atau universitas yang ada jurusan tata boga. Langsung saja mendaftar ke Universitas Negeri Jakarta atau UNJ. Jurusan tata boga di UNJ juga sudah mendapatkan akreditasi A dan tersedia dalam program S1 maupun D3.

Materi kuliah yang akan disampaikan di jurusan tata boga UNJ juga sangat luas. Bahkan mahasiswa bisa belajar banyak mengenai materi pengelolaan cake shop, katering hotel, dan tentu saja restoran.

5. Universitas Negeri Surabaya

Pilihan universitas negeri lainnya yang membuka jurusan tata boga adalah Unesa atau Universitas Negeri Surabaya. Program tata boga untuk tingkat S1 di universitas ini bahkan sudah mencapai akreditasi A. Ilmu tata boga yang akan didapat di sini juga sangat lengkap sehingga cocok dijadikan modal bekerja di dunia kuliner nantinya. Mulai dari dasar boga, pengolahan hidangan, manajemen usaha boga, dan masih banyak lagi.

Itulah 5 pilihan universitas yang ada jurusan tata boga di Indonesia. Nama universitas yang disebutkan di sini semuanya berstatus negeri sehingga bisa dipilih saat mengikuti SBMPTN maupun SNMPTN. Prospek kerja lulusan tata boga juga sangat menjanjikan dan punya kesempatan besar untuk menjadi pebisnis sukses di dunia kuliner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.