Home Jurusan Kuliah 5 Pilihan Universitas yang Ada Jurusan Desainer Baju di Indonesia

5 Pilihan Universitas yang Ada Jurusan Desainer Baju di Indonesia

82
0

 Peluang menekuni karir di dunia fashion saat ini semakin terbuka lebar. Pelajar Indonesia kini punya kesempatan lebih besar untuk belajar ilmu desainer baju di universitas dalam negeri. Ada beberapa nama universitas yang ada jurusan desainer baju atau tata busana di Indonesia. Berikut akan dibahas 5 nama universitas yang bisa dijadikan pilihan bagi pelajar dengan passion di dunia fashion:

5 Pilihan Universitas yang Ada Jurusan Desainer Baju di Indonesia

1. Universitas Pendidikan Indonesia

Bandung bisa dijadikan sebagai tujuan bagi pelajar yang ingin mendalami dunia fashion. Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI yang berlokasi di Bandung menyediakan jurusan Tata Busana. Jurusan ini menjadi bagian Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga atau PKK tepatnya di Fakultas Ilmu Pendidikan.

Program studi Pendidikan Tata Busana yang dibuka oleh UPI saat ini telah tercatat mendapat akreditasi A. Mahasiswa yang berkuliah di sini akan mendapat banyak ilmu dunia fashion termasuk pengelolaan bisnis di bidang tersebut. Lulusan dari jurusan ini juga diharapkan bisa langsung siap untuk berkontribusi memajukan dunia fashion dalam negeri.

2. Universitas Negeri Malang

Peminat jurusan Tata Busana juga bisa memilih untuk berkuliah di Malang tepatnya di Universitas Negeri Malang atau UM. Universitas ini menyediakan program studi Pendidikan Tata Busana untuk jenjang S1. Jurusan ini tercatat sebagai bagian dari jurusan Teknologi Industri. Di sini mahasiswa akan dipersiapkan untuk menjadi insan yang tak hanya cerdas tapi juga kompetitif serta bisa berkembang di dunia fashion.

3. Universitas Negeri Jakarta

Pilihan universitas yang ada jurusan desainer baju berikutnya adalah Universitas Negeri Jakarta atau UNJ. Universitas ini membuka kesempatan kuliah jenjang S1 untuk program studi Pendidikan Tata Busana. Soal kualitas tak perlu diragukan karena sudah mendapatkan akreditasi BAN-PT A. Di sini mahasiswa bisa belajar banyak soal ilmu desain, industri fashion, juga pengelolaan bisnis di dunia fashion Indonesia.

Tak hanya program S1, UNJ juga menawarkan program pendidikan Diploma 3 untuk bidang tata busana. Pilihan profesi yang bisa ditekuni mahasiswa lulusan jurusan ini sangat beragam. Mulai dari fashion designer, fashion buyer, fashion stylist, entrepreneur, dan lain sebagainya.

4. Universitas Negeri Yogyakarta

Yogyakarta menjadi kota tujuan bagi banyak pelajar untuk lanjut berkuliah. Pelajar yang ingin mendalami ilmu tata busana juga bisa memilih kota ini karena jurusan tersebut tersedia di Universitas Negeri Yogyakarta. Pilihan jenjang pendidikan untuk program studi tata busana di UNY tergolong lengkap. UNY menawarkan program studi Pendidikan Teknik Busana untuk jenjang S1, Teknik Busana untuk jenjang D3, serta Tata Busana untuk jenjang D4.

Program studi di bidang tata busana ini menjadi bagian dari jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana tepatnya di Fakultas Teknik. Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari banyak hal seputar dunia industri busana. Tak hanya dipersiapkan menjadi fashion designer andal, mahasiswa juga dibekali untuk bisa memberikan kontribusi terbaik dalam pengelolaan industri fashion.

5. Universitas Negeri Semarang

Jurusan tata busana juga bisa ditemukan di Universitas Negeri Semarang. Program studi yang ditawarkan adalah Pendidikan Tata Busana jenjang S1 dengan akreditasi BAN-PT B. Prodi tersebut menjadi bagian dari jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Tak jauh berbeda dari universitas lainnya, di sini mahasiswa akan dipersiapkan menjadi insan unggul yang siap memajukan industri fashion Indonesia.

Itulah 5 pilihan universitas yang ada jurusan desainer baju di Indonesia. Semua nama yang disebutkan di sini adalah universitas negeri. Pelajar bisa mengikuti seleksi lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jika memungkinkan bisa juga lewat jalur mandiri dari pihak universitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.