Home Metode Pembelajaran 5 Metode Pembelajaran Daring yang Efektif untuk Diterapkan

5 Metode Pembelajaran Daring yang Efektif untuk Diterapkan

32
0

 5 Metode Pembelajaran Daring yang Efektif untuk Diterapkan_Sejak saat pandemi dimulai, pembelajaran secara daring menjadi tren baru di dunia pendidikan. Bagaimana tidak, semua sekolah ditutup demi mencegah terjadinya penularan virus yang kian menggila. Untuk membuat kegiatan belajar daring menjadi efektif, tentunya dihasilkan melalui ide kreatif. 

5 Metode Pembelajaran Daring yang Efektif untuk Diterapkan

Berikut ini adalah metode pembelajaran daring yang efektif untuk diterapkan:

1. Metode Project Based

Untuk menerapkan sistem pembelajaran yang efektif bagi para siswa, para pengajar membuat beberapa metode belajar yang menyenangkan. Salah satu metode tersebut adalah metode belajar yang project based. Metode ini diawali dengan adanya surat yang dikeluarkan oleh kemendikbud tahun 2020 lalu. Tujuan adanya metode pembelajaran ini untuk membuat pelajar terbiasa dengan kerja sama.

Pihak kemendikbud menilai bahwa metode ini cocok diterapkan untuk kegiatan belajar siswa dengan pembentukan kelompok skala kecil. Dalam kelompok kecil itu siswa bisa mengeksplor kemampuannya dalam mengerjakan proyek hingga berinovasi.

2. Metode Pembelajaran Sinkron

Jenis pembelajaran daring selanjutnya adalah dengan metode pembelajaran sinkron. Metode yang satu ini merupakan metode pembelajaran standar seperti pada umumnya dimana siswa datang untuk menghadiri pembelajaran namun secara daring. Proses belajar mengajar dilakukan di waktu yang sama layaknya berada dalam kelas sewaktu offline.

Bedanya terdapat pada platform yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Biasanya pelajar dan guru bertemu pada suatu ruangan kelas, pada metode ini ruang kelas digantikan oleh ruang virtual. Ruangan tersebut bisa dibentuk melalui beberapa platform meeting online seperti zoom dan Google Meet. Salah satu kelebihan metode ini adalah guru dan muridnya bisa langsung berinteraksi satu sama lain.

3. Metode Hybrid

Dampak dari adanya pandemi yang sekarang melanda seluruh dunia ini ternyata membawa dampak yang signifikan bagi dunia pendidikan. Khususnya pada metode pembelajaran yang banyak muncul untuk mengatasi keterbatasan untuk bertemu di satu ruang kelas seperti biasa. Salah satu metode pembelajaran yang cukup baru adalah metode pembelajaran secara hybrid.

Melalui metode Hybrid ini, sistem pembelajaran dicampur antara sistem tatap muka dengan sistem daring. Namun, konsep ini hanya berlaku bagi wilayah-wilayah dengan tingkat penyebaran COVID-19 yang rendah. Apabila sekolah tidak dalam wilayah yang cukup aman, maka metode ini belum bisa diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.

4. Metode Video Based

Sebelum adanya pandemi, metode pembelajaran melalui video sudah banyak dilakukan oleh beberapa pengajar. Beberapa video sudah umum ditemukan di platform youtube dan bisa diakses kapan saja oleh para pelajar. Bahkan ada beberapa jenis bimbel online yang memang menggunakan video sebagai metode pembelajarannya.

Adanya pandemi ini membuat metode pembelajaran ini semakin sering dilakukan. Video yang dibuat juga semakin beragam kontennya. Mulai dari konten dengan pelajaran seperti biasa dengan menjelaskan materi. Ada juga konten pembelajaran yang disampaikan melalui animasi-animasi unik yang bisa menarik hati pelajar.

5. Metode Konsep Tur

Jika beberapa jenis pembelajaran dinilai membosankan oleh beberapa siswa, metode yang satu ini wajib dicoba. Metode ini dibuat dengan harapan menjadi metode pembelajaran daring yang efektif karena dapat mengusir kebosanan. Caranya adalah dengan menerapkan konsep tur layaknya study tour namun versi virtual.

Pelajar bisa mengunjungi dan belajar tempat-tempat tertentu menggunakan google arts and Culture. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi dengan cara ini seperti museum, candi, dan beberapa tempat ikonik lainnya. Layanan ini membuat siswa bisa menelusurinya hingga 360 derajat layaknya berada di tempat sungguhan.

Nah itulah beberapa metode pembelajaran daring yang efektif untuk diterapkan. Beberapa metode pembelajaran diatas bisa diterapkan untuk menerapkan sistem pembelajaran yang efektif. Bisa juga beberapa metode di atas digabungkan untuk menghasilkan metode baru yang tidak kalah menyenangkan untuk para pelajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.