Home Jurusan Kuliah 5 Jurusan UIN Bandung yang Sepi Peminat Namun Bagus Prospek Kerjanya

5 Jurusan UIN Bandung yang Sepi Peminat Namun Bagus Prospek Kerjanya

81
0

 Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati dikenal juga dengan UIN Bandung. Terletak di kecamatan Cibin, perguruan tinggi dengan akreditasi B ini memiliki cukup banyak peminat. Namun, dari keseluruhan jurusan yang ada terdapat beberapa jurusan UIN Bandung yang sepi peminat, meskipun memiliki prospek kerja baik.

5 Jurusan UIN Bandung yang Sepi Peminat Namun Bagus Prospek Kerjanya

Mengikuti data jumlah peminat pada SBMPTN tahun 2020 lalu, terdapat lima jurusan yang sepi peminat. Untuk yang sudah penasaran apa saja jurusannya, simak ulasan berikut ini:

1. Jurusan Fisika

Jurusan fisika dari fakultas sains dan teknologi merupakan jurusan UIN Bandung yang sepi peminat, sebab hanya memiliki sekitar 58 peminat. Tetapi, jurusan ini ternyata memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Perusahaan BUMN atau swasta selalu membutuhkan lulusan dari jurusan ini.

Selain bekerja di perusahaan, lulusan dari jurusan fisika juga bisa bekerja sebagai PNS, tenaga pendidik atau ilmuwan. Gaji yang ditawarkan juga tidak main-main. Jika berhasil menjadi karyawan BUMN atau swasta, perusahaan bisa memberikan gaji sebesar 5 juta hingga puluhan juta rupiah.

2. Jurusan Ilmu Politik

Jurusan ilmu politik di UIN Bandung menjadi jurusan dengan peminat paling sedikit dibandingkan jurusan lain. Berbeda dengan jurusan sosial dan hukum lainnya yang memiliki peminat lebih dari 300 orang, jurusan ini hanya mempunyai sekitar 160 peminat.

Padahal, prospek kerja lulusan jurusan ini cukup besar. Setelah lulus, para alumni dapat bekerja sebagai PNS, dosen, guru hingga konsultan politik. Peneliti politik, asisten legal dan paralegal, pegawai yudisial dan petugas hakim hukum administrasi juga termasuk prospek kerja lulusan jurusan ini.

Selain itu, dunia broadcasting juga memungkinkan untuk dimasuki. Alumni jurusan ini bisa bekerja menjadi penyiar berita, wartawan hingga penulis berita.

3. Jurusan Kimia

Kimia termasuk bagian dari ilmu sains yang manfaatnya banyak bagi kehidupan sehari-hari. Bahkan, perusahaan-perusahaan besar selalu membutuhkan ahli kimia untuk uji coba produknya. Meskipun begitu, ternyata jurusan kimia termasuk jurusan dengan sepi peminat. Salah satunya di UIN Bandung.

Tahun lalu, peminat jurusan ini hanya mencapai 185 orang. Sedangkan, untuk jurusan lain di bidang saintek bisa mencapai 200-800 peminat. Prospek kerja dari jurusan ini juga cukup menjanjikan. Sarjana sains dari jurusan kimia bisa bekerja sebagai tenaga pendidikan hingga ilmuwan. Perusahaan makanan, kosmetik, tekstil dan farmasi sangat membutuhkan seorang ahli kimia. Bahkan, badan Negara seperti BNN juga membutuhkan seseorang dari jurusan ini.

4. Jurusan Biologi

Biologi menjadi jurusan selanjutnya yang sepi peminat. Tahun lalu, jurusan ini hanya mempunyai sekitar 187 peminat, jika dibandingkan dengan jurusan lainnya dari bidang saintek. Padahal, prospek kerja jurusan ini juga luas. Para sarjana sains dari jurusan biologi, bisa bekerja sebagai guru, dosen, asisten lab ataupun ilmuwan.

Beberapa perusahaan makanan juga membutuhkan seorang ahli biologi, misalnya untuk menempati posisi sebagai Food Scientist. Bahkan, bidang industri kreatif juga membutuhkan ahli biologi untuk menulis cerita dengan genre sci-fiction. Bagi yang suka menulis dan memiliki banyak imajinasi, bisa mencoba profesi tersebut.

5. Jurusan Matematika

Satu lagi jurusan yang memiliki sepi peminat, juga datang dari fakultas sains dan teknologi. Jurusan tersebut adalah matematika, tahun lalu jurusan ini hanya memiliki sekitar 211 peminat. Jika dibandingkan dengan empat jurusan lain, jurusan ini memang memiliki peminat yang cukup besar. Namun di SBMPTN tahun lalu, jurusan matematika menempati posisi keempat setelah jurusan agroteknologi yang memiliki 253 peminat.

Padahal, jurusan matematika memiliki kesempatan kerja yang luas. Bahkan, lulusan matematika juga bisa bekerja di bidang ekonomi. Mulai dari bekerja sebagai pengajar, peneliti, ahli statistik sampai akuntan bisa dilakukan.

Itulah lima jurusan UIN Bandung yang sepi peminat, padahal memiliki prospek kerja yang luas. Untuk pejuang SBMPTN tahun ini yang ingin bersekolah di Bandung, bisa coba memilih salah satu dari lima jurusan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.