Home Tips Ujian 5 Cara Mengerjakan Soal TPA dengan Cepat dan Akurat

5 Cara Mengerjakan Soal TPA dengan Cepat dan Akurat

63
0

 Buat yang akan ujian SBMPTN atau tes lainnya yang ada hubungannya dengan soal tes potensi akademik. Maka harus memiliki skill yang mumpuni dimana cara mengerjakan soal TPA dengan cepat bisa dilakukan. Gunanya agar saat mengerjakan TPA bisa segera selesai dan lebih mudah secara keseluruhan. Beberapa hal dibawah ini bisa jadi rekomendasi saat menaklukan soal TPA agar cepat:

5 Cara Mengerjakan Soal TPA dengan Cepat dan Akurat
5 Cara Mengerjakan Soal TPA dengan Cepat dan Akurat


1. Latihan Simulasi Tes Potensi Akademik

Sebelum melakukan tes potensi akademik, cobalah untuk melakukan simulasi untuk mengerjakan tes TPA. Tes ini bisa dilakukan di sela belajar dengan menantang diri sendiri menggunakan timer seberapa cepat terselesaikan. Dengan melakukan latihan yang rutin dan simulasi saat berlatih soal maka akan menambah skill menaklukan soal TPA.

Gunakan beberapa referensi soal TPA yang bisa didapatkan secara online atau bisa dari teman. Bisa pula dengan membeli modul khusus untuk soal TPA. Dengan banyaknya referensi ini maka akan membuka peluang lebih banyak untuk bisa mahir di soal TPA.

2. Konsentrasi pada Soal TPA

Pentingnya melakukan konsentrasi adalah salah satu cara mengerjakan soal TPA dengan cepat dan mudah. Membangun konsentrasi ketika tes dilakukan sejak mempersiapkan diri sebelum tes. Sehingga otak dan tubuh rileks serta bisa memulai mengerjakan soal TPA dengan lebih baik dan cepat.

Jika tidak mampu berkonsentrasi ketika mengerjakan soal TPA, berakibat menghambat semuanya. Bahkan paling fatal yaitu mengalami kegagalan dalam menjawab soal TPA akibat kurang konsentrasi. Pusatkan pikiran pada soal dengan memilah soal yang mudah dan ringan kemudian baru mengerjakan soal rumit.

3. Perhatikan Soal Verbal

Untuk mengerjakan secara mudah, cobalah memilih soal verbal terlebih dahulu. Dimana soal verbal ini meliputi sinonim, antonim dan segala sesuatu yang berhubungan dengan bahasa. Biasanya soal TPA jenis ini menuntut untuk membaca secara menyeluruh dan menjawab dengan tepat.

Banyak belajar tentang kebahasaan bisa mempelajari KBBI, baca buku sastra, memahami bacaan dan lainnya. Pada dasarnya soal verbal yang panjang ini bisa ditaklukkan dengan memahami bacaan yang ada pada soal. Jika sering berlatih, maka soal verbal ini lebih mudah dan singkat dikerjakan saat mulai Tes Potensi Akademik

4. Pasang Strategi TPA untuk Logika Numbering

Yang paling menguras pikiran yaitu mulai dengan numbering, logika dan soal yang berhubungan dengan matematika. Yaitu dengan berlatih menghitung cepat seperti pola bilangan, fibonacci dan bilangan loncat lainnya. Pada tipe soal logika, bisa juga numbering memang menuntut strategi yang lebih dalam menaklukanya.

Saat memulai strategi di soal logika merupakan bagian dari cara mengerjakan soal TPA dengan cepat. Lihat pula pola soal seperti menjawab soal deret yang bisa dikerjakan lebih cepat dan mudah.

5. Konsentrasi di Soal Terakhir

Pada soal terakhir biasanya muncul soal campuran sebaiknya dikerjakan di akhir sisa waktu. Alasannya soal campuran ini begitu menguras energi untuk berpikir lebih dalam dan berkonsentrasi. Jadi sebaiknya fokus pada yang mudah seperti soal verbal kemudian selesaikan soal matematika.

Dengan beberapa tingkatan kerumitan yang ada pada soal TPA menuntut untuk menjawab dengan strategi jitu. Agar pada saat mengerjakan soal bisa tepat dan konsentrasi terjaga hingga lolos dengan hasil maksimal. Dengan melihat pola soal yang mudah dan paling bisa dikerjakan terlebih dahulu di menit terakhir.

Menggunakan cara mengerjakan soal TPA yang dijelaskan di atas dengan cepat ini bertujuan agar soal usai sesuai alokasi waktu. Juga bisa menghasilkan skor yang maksimal ketika harus menaklukkan soal TPA dengan baik. Kemampuan yang selalu diasah secara rutin akan meningkatkan cara untuk menjawab soal dengan sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.