Home Tes Potensi Akademik 5 Cara Mengerjakan Soal Tes Potensi Akademik Agar Memperoleh Skor Tinggi Sesuai...

5 Cara Mengerjakan Soal Tes Potensi Akademik Agar Memperoleh Skor Tinggi Sesuai Harapan

11
0

 Pada umumnya tahapan tes yang harus dilewati oleh para siswa ketika ingin masuk ke sebuah Perguruan Tinggi impian memang cukup banyak. Dimana salah satu tes yang diadakan tersebut adalah TPA. Maka dari itu tidak sedikit siswa yang mulai mempelajari cara mengerjakan soal Tes Potensi Akademik supaya skor yang didapatkan bisa lebih maksimal. 

5 Cara Mengerjakan Soal Tes Potensi Akademik Agar Memperoleh Skor Tinggi Sesuai Harapan

Bahkan sebelum tes dilaksanakan banyak siswa yang mulai melakukan latihan soal. Membuat strategi pengerjaan soal yang lebih efektif sehingga tidak banyak waktu yang terbuang secara cuma-cuma. Meskipun sekilas tes ini tidak membutuhkan sebuah analisis yang rumit. Namun soal yang disajikan memerlukan pemikiran logika secara runut. Berikut jajaran cara yang bisa digunakan ketika mengerjakan soal TPA:

1. Bersikap Tenang dan Memulai dengan Berdoa 

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh siswa saat tengah dihadapkan dengan sejumlah soal TPA adalah dengan tetap bersikap tenang. Selain itu berdoa juga hal yang penting dilakukan dalam menjalankan berbagai macam hal termasuk saat hendak mengerjakan soal TPA. 

Mengingat tidak sedikit soal yang dirancang dengan kesan mudah namun berpotensi untuk menjebak siswa. Dalam hal ini doa adalah perantara komunikasi hamba dengan Tuhan, sehingga siswa bisa memohon untuk dilancarkan ketika menjawab seluruh soal. Hindari sikap panik saat memasuki ruangan tes, lantaran bisa membuat soal tampak semakin sulit dikerjakan. 

2. Mengatur Waktu 

Langkah ini perlu dijalankan sebagai bentuk cara mengerjakan soal Tes Potensi Akademik bagi siswa. Pasalnya dalam proses pengerjaan soal, waktu telah ditentukan sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Tujuannya supaya siswa tidak menghabiskan banyak waktu hanya dengan mengerjakan 1 soal saja. 

Misalnya dengan memberikan waktu setiap satu soal adalah selama 30 detik. Bahkan jika mungkin, bisa lebih cepat dari itu supaya waktu bisa ditabung untuk soal berikutnya. Disarankan bagi siswa untuk mengerjakan soal yang dirasa mudah terlebih dahulu. 

3. Mengerjakan Soal Verbal Dahulu

Soal dalam kategori verbal memang tergolong soal yang cukup mudah jika dibandingkan dengan lainnya. Lama waktu yang tersedia untuk menuntaskan sejumlah soal ini juga tergolong sedikit. Maka dari itu siswa bisa memilih untuk fokus terhadap soal ini terlebih dahulu. 

Trik yang bisa dipakai ketika mengerjakan berbagai soal verbal adalah dengan membacanya secara cermat dan teliti. Jangan sampai terjebak dengan pilihan yang hampir sama. Sebagai bentuk persiapan, siswa bisa melatih kemampuan mengerjakan soal ini dengan banyak mengetahui kisaran kata yang ada. 

4. Lanjutkan dengan Mengerjakan Soal Berderet 

Apabila seluruh soal dengan tipe verbal telah rampung, maka siswa bisa mulai untuk berpindah pada soal berikutnya yaitu soal deret. Proses pengerjaan soal ini membutuhkan tingkat ketelitian siswa, dimana kategorinya masih termasuk lumayan mudah. 

Siswa bisa mengerjakan soal ini sebelum beranjak ke soal bertipe numerik yang tergolong sulit. Umumnya dari sejumlah soal yang banyak ditemui bahwa pola yang dipergunakan pada jenis soal TPA kategori deret ini terbilang sama. 

5. Mengerjakan Soal Matematika 

Bagi sebagian orang, mengerjakan soal matematika memang dianggap sulit sehingga membutuhkan tingkat konsentrasi lumayan tinggi. Di samping itu kemampuan menghitung dalam durasi singkat dari siswa juga sangat dibutuhkan untuk mengerjakan soal ini. 

Umumnya soal yang disajikan akan hadir dalam bentuk aljabar, kemudian aritmatika, dan juga geometri. Setelah selesai siswa bisa berlanjut dengan mengerjakan soal tipe logika dan juga spasial.

Itu tadi pembahasan mengenai 5 cara mengerjakan soal Tes Potensi Akademik agar memperoleh skor maksimal. Perlu diketahui bahwa persiapkan sebelum menjalankan tes cukup penting dilakukan. Misalnya seperti dengan berlatih menggunakan berbagai macam soal hingga mempelajari beragam suku kata serta lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.