32 Teladan Kalimat Kritik, Saran, Dan Kebanggaan Beserta Pengertiannya

32 Contoh Kalimat Kritik, Saran, dan Pujian Beserta Pengertiannya – Kalimat kritikan, saran, dan kebanggaan merupakan tiga jenis perkataan yang saling berkaitan meskipun mempunyai makna yang berlawanan. Ketiga kalimat tersebut sering kali kita gunakan dalam kehidupan sehari hari. Baik dalam sebuah diskusi maupun berbicara dengan satu sama lain. Apakah anda memahami apa itu kalimat kritik, kalimat saran, dan kalimat pujian? Apa saja contohnya? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa tumpuan kalimat kritik, tumpuan kalimat saran, dan tumpuan kalimat kebanggaan beserta pengertian kalimat kalimat tersebut. Untuk lebih jelasnya anda sanggup menyimaknya dibawah ini.

Tidak sanggup dipungkiri bahwa dalam kehidupan ini, insan tidak akan terlepas dari kritik saran dan pujian. Alhasil tumpuan kalimat kritik, tumpuan kalimat saran, dan tumpuan kalimat kebanggaan sanggup dengan gampang kita temukan dalam setiap percakapan kita.

 dan kebanggaan merupakan tiga jenis perkataan yang saling berkaitan meskipun mempunyai makna y 32 Contoh Kalimat Kritik, Saran, dan Pujian Beserta Pengertiannya
ilustrasi contoh kalimat kritik, saran dan pujian

Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam wacana tumpuan kalimat kritikan, kalimat saran, dan kalimat kebanggaan disertai dengan pengertian masing masing kalimat tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan simak klarifikasi materi dibawah ini.

Contoh Kalimat Kritik, Saran, dan Pujian Beserta Pengertiannya

Telah kita ketahui bahwa kalimat kritik, saran, dan kebanggaan mempunyai makna yang berlawanan namun ketiga kalimat ini saling berkaitan satu sama lain. Kalimat kritikan biasanya diungkapkan sebab terdapat imbas negatif yang akan ditimbulkan nanti. Kalimat saran dipakai untuk memperlihatkan masukan semoga tidak ada imbas negatif yang akan terjadi. Sedangkan kalimat kebanggaan diberikan kepada seseorang yang mendapat laba yang fantastis berkat kerja kerasnya. Berikut klarifikasi masing masing kalimat beserta tumpuan kalimat kritik, tumpuan kalimat saran, dan tumpuan kalimat pujian.

Baca juga: Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Contoh Kalimat Kritik dan Pengertiannya

Kalimat kritik adalah suau kalimat masukan mengenai suatu tindakan yang sedang dilakukan, namun kalimat masukan ini sanggup bersifat positif maupun negatif. Pengertian kalimat kritik berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah sebuah kalimat jawaban maupun kecaman yang disampaikan secara positif maupun negatif dalam menjalankan suatu kebijakan, pendapat, karya, maupun mengenai penampilan seseorang. Contoh kalimat kritik sangatlah beragam. Kritikan tersebut biasanya disampaikan oleh kritikus yang bekerja dalam bidang tertentu. Kritikus tersebut dalam memberikan ulasan maupun evaluasi memang sengaja dipanggil atau tidak.

Baca juga: Contoh Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks Beserta Strukturnya

Penilaian tersebut berupa karya, tindakan,maupun penampilan yang telah dibuat, baik berisi ulasan positif maupun ulasan negatif. Kritik sanggup diartikan sebuah tindakan yang mendukung ataupun ketidaksetujuan terhadap acara yang dilakukan. Seorang kritikus memberikan kritikannya berdasarkan analisis dilema yang timbul akhir tindakan tersebut. Dibawah ini terdapat beberapa tumpuan kalimat kritik:

  1. Performa kau dalam menyanyi sudah bagus sebab semangatnya tinggi tapi untuk teknik menyanyinya kurang bagus, masih ada lirik lirik yang fales.
  2. Menjelang hari lebaran harga sembako semakin melambung tinggi, hal tersebut akan membuat rakyat rakyat kurang bisa semakin sengsara.
  3. Penegakan aturan dinegara ini masih terdapat budi anyir dari beberapa oknum oknum penguasa tinggi. Penegakan aturan tersebut seharusnya tidak mengenal kasta, harta, dan jabatan. Hukum yang telah berlaku ini harus ditegakkan dengan adil.
  4. Dalam dunia pendidikan harus ada kerjasama dari masyarakat, keluarga dan pihak sekolah. Tidak hanya sekolah saja yang mendominasi pendidikan anak bangsa. Saya berharap ketiga pihak tersebut saling berafiliasi dalam membentuk huruf penerus bangsa yang baik.
  5. Semakin berkembangnya jaman, jumlah pengangguran setiap tahunnya akan bertambah. Pihak sekolah maupun universitas, saya harap membekali murid muridnya dengan keterampilan yang lebih dan tidak hanya ilmu saja yang diberikan. Keterampilan tadi berfungsi sebagai materi murid semoga nantinya sanggup membuat lapangan pekerjaan bagi orang lain.
  6. Jika saya perhatikan kau mempunyai sifat baik hati dan cantik, tapi kebaikan dan kecantikanmu itu telah kau tutupi dengan kedengkian dan kesombonganmu.
  7. Kamu berhasil memecahkan rekor dalam memasuki finish dalam waktu 5 detik. Namun hal ini harus kau pertahankan dengan tetap menjaga keseimbangan kau dikala berada di tikungan dengan kecepatan yang tinggi.
  8. Tayangan sinetron sinetron dalam televisi sanggup menghibur para ibu ibu rumah tangga, namun tidak sedikit pula tayangan sinetron televisi yang memperlihatkan imbas negatif kepada anak anak.
  9. Bukti bukti ini sedikit sekali, usahakan untuk encari bukti lain semoga tuntutanmu sanggup disetujui oleh pengadilan.

Contoh Kalimat Pujian dan Pengertiannya

Kalimat kebanggaan adalah sebuah kalimat yang menyatakan perasaan kagum dan jawaban positif mengenai sebuah karya yang telah dibuat. Pengertian kalimat kebanggaan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI adalah suatu kaliat yang mengungkapkan kekagumannya mengenai sebuah karya yang luar biasa, pernyataan tersebut sanggup berupa penghargaan maupun ratifikasi yang bersifat positif. Contoh kalimat kebanggaan sanggup kita jumpai dalam mensyukuri nikmat Tuhan yang kita terima, sanggup berupa keunggulan seseorang dalam mencapai keinginannya, serta kekaguman seseorang terhadap kebaikan seseorang yang telah ia berikan kepadanya. Kalimat kebanggaan ini juga sanggup diartikan sebagai penghargaan seseorang kepada lawan bicaranya. Berikut tumpuan kalimat pujian:

  1. Walaupun kau mempunyai keterbatasan biaya, kau berhasil lulus kuliah dengan predikat cumlaude. Kamu adalah sebuah tumpuan penerus bangsa yang perlu dicontoh. Keluargamu niscaya gembira denganmu.
  2. Penampilanu tadi sungguh bagus, selamat ya kau memenangkan kompetisi ini. Para juri tadi bahkan memperlihatkan standing applause terhadap penampilanmu.
  3. Alhamduilah saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dikarenakan telah memperlancar persiapan program pernikahanku, terima kasih kepada semua tim yang telah membantuku, terima kasih semuanya.
  4. Tidak hanya wajahmu saja yang tampan, tapi hatimu juga lebih tampan. Berkatmulah nenek nenek itu sanggup mencukupi kebutuhan hidupnya sehari hari.
  5. Kamu bakir sekali sebab mendapat juara kelas selama berturut turut.
  6. Subhanallah indahnya negara Indonesia dengan keberagaman budaya dan kekayaan alamnya. Tak disangka masih banyak flora maupun binatang langka yang masih dilindungi.
  7. Ibu kaulah surgaku, ketulusan dan keikhlasanmu telah membuatku menjadi menyerupai ini.
  8. Kalian memang pasangan yang sangat romantis sebab segala hal telah anda lakukan sama sama.

Contoh Kalimat Saran dan Pengertiannya

Kalimat saran adalah sebuah kalimat masukan ataupun tawaran mengenai suatu hal. Kalimat ini memperlihatkan imbas posiitif baik berupa nasihat maupun petuah yang membangun. Contoh kalimat saran ini juga sanggup kita jumpai sehari hari. Namun pinjaman saran ini harus dilakukan dengan baik semoga tidak menyinggung perasaan seseorang. Apabila saran tersebut diberikan dengan cara yang salah maka akan sulit diterima oleh orang lain. Berikut tumpuan kalimat saran:

  1. Makanan ini lezat tapi alangkah lebih lezat jikalau kau tambahkan sedikit garam lagi.
  2. Penampilan kau hari ini elok sekali. Bagaimana kalau kau tambahkan aksesoris berupa gelang dan kalung semoga lebih manis.
  3. Permasalahan ini lebih baik diselesaikan dengan cara musyawarah sehingga tidak timbul kekerasan nantinya.
  4. Jika kita amati negara Indonesia mempunyai sumber daya yang melimpah sehingga sistem ekspor keluar negeri sanggup berlangsung dengan baik.
  5. Saya baiklah dengan pendapat anda bahwa setiap ahad memang harus diadakan higienis bersih jalan semoga kampung kita terlihat lebih bersih.
  6. Sebaiknya keputusan ini kita diskusikan kepada anggota lainnya semoga tidak terjadi kesalahpahaman antar anggota.
  7. Saya baiklah jikalau setiap malam diadakan acara meronda semoga kampung kita senantiasa selalu aman.

Inilah beberapa tumpuan kalimat kritik, tumpuan kalimat pujian, dan tumpuan kalimat saran yang sanggup saya bagikan. Masing masing kalimat tersebut telah saya sajikan beserta pengertiannya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah berkunjung diblog ini.

You might also like
close