12 Pola Tajuk Rencana Di Surat Kabar Ihwal Pendidikan

12 Contoh Tajuk Rencana di Surat Kabar Tentang PendidikanContoh tajuk planning umumnya terdapat dalam surat kabar. Tajuk planning tersebut dipakai sebagai penentu baik buruknya kualitas dari sebuah surat kabar. Hal hal yang dibahas dalam tajuk planning tersebut biasanya berupa topik yang sedang diperbincangkan masyarakat maupun topik topik yang menarik. Tajuk planning pada surat kabar sanggup diartikan sebagai pendapat ataupun opini dari media kepada penerbit perihal hal hal yang fenomencontal, kontroversional maupun perkara faktual yang berkembang dikalangan masyarakat. Pendapat tersebut sebagai wujud pencerminan pendapat media secara keseluruhan kepada pihak penerbit. Umumnya sebuah pola tajuk planning tidak hanya berisi pendapat pribadi saja, melainkan opini dari seluruh karyawan maupun wartawan dari forum penerbitan pers.

 Contoh Tajuk Rencana di Surat Kabar Tentang Pendidikan 12 Contoh Tajuk Rencana di Surat Kabar Tentang Pendidikan
contoh tajuk planning pada surat kabar

Contoh tajuk planning dalam surat kabar biasanya ditulis tanpa disertai nama penulisnya, Hal ini disebabkan lantaran berisi kumpulan opini banyak orang. Pembuatan tajuk planning dalam surat kabar harus memenuhi beberapa hal penting menyerupai memakai bahasa normatif, berhati hati dalam memakai bahasa, tidak bersifat mengritik secara langsung, mempunyai kepribadian pers, cenderung konservatif, dan berkarakter. Namun untuk jenis tajuk planning surat kabar dikalangan papan atas biasanya berupa hal hal yang cenderung bersifat politis daripada aspek sosiologis. Sedangkan untuk tajuk planning dikalangan menengah bersifat sebaliknya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pola tajuk planning di surat kabar perihal pendidikan. Langsung saja sanggup anda simak di bawah ini.

Contoh Tajuk Rencana di Surat Kabar Tentang Pendidikan

Sebelum saya membagikan pola tajuk planning pada surat kabar perihal pendidikan. Saya akan menjelaskan pengertian tajuk planning terlebih dahulu. Tajuk planning ialah sebuah artikel pokok atau utama dalam surat kabar yang menjadi perhatian redaksi lantaran peristiwanya sedang hangat diperbincangkan masyarakat. Tajuk planning sanggup disebut sebagai teks editorial. Di dalamnya terdapat informasi aktual, pendapat redaksi mengenai perkara tersebut, impian redaksi melalui tugas serta pembaca, penegasan perihal pentingnya perkara tadi, dan kritik saran yang berkaitan dengan permasalahan. 

Baca juga : 50 Contoh Kalimat Ajakan Dalam Bahasa Indonesia

Dalam pola tajuk planning pada asurat kabar biasanya terdapat kalimat opini dan kalimat fakta yang saling berhubungan. Didalam tajuk tersebut terdapat beberapa aspek penting seperti:
  1. Judul
  2. Latar belakang
  3. Tokoh
  4. Masalah
  5. Peristiwa yang ingin disampaikan
  6. Opini penulis
  7. Saran serta solusi permasalahan
  8. Kesimpulan
  9. Sumber berita
  10. Anggota redaksi
Selain aspek aspek di atas, adapula ciri ciri yang harus ada dalam pola tajuk rencana. Berikut ciri ciri tajuk planning surat kabar:
  • Didalamnya terdapat pendapat redaksi yang berkaitan dengan perkara yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat.
  • Ulasan yang dimuat mempunyai skala yang sifatnya nasional sehingga sanggup diterima pembaca diberbagai kalangan.
Dalam menciptakan pola tajuk planning haruslah berhati hati lantaran tidak memakai cara yang sembarangan. Cara menciptakan tajuk rencana yang benar harus memuat hal hal di bawah ini:

  • Ide topik yang dibahas.
  • Menyeleksi dan mencari data data yang berkaitan dengan topik.
  • Penambahan substansi tesis dan materi keseluruhan mengenai uraian tajuk rencana.
  • Penulisan tajuk rencana.
Dalam menciptakan pola rajuk planning juga harus memperhatikan judul teksnya. Hal ini dikarenakan judul akan mensugesti minat pembaca. Jika judulnya tidak cantik maka pembaca tidak akan tertarik untuk melihatnya meskipun isi teksnya bagus. 

Baca juga : Pengertian Nomina dan Pronomina Beserta Contohnya

Judul dalam pola tajuk planning harus memuat hal hal penting menyerupai penulisannya singkat sesuai isi teks (to the point), tidak melenceng dari isi teks (relevan), dan sanggup menarik perhatian pembaca (provokatif). 
Contoh Tajuk Rencana Tentang Pendidikan
Bullying Anak Sekolah, Salah Siapa?
Pergaulan anak sekoah kini ini sedang menjadi perbincangan dikalangan masyarakat. Terlebih lagi lantaran banyak video pembullyan dikalangan anak sekolah. Bahkan pelaku dan korban perkara pembullyan merupakan anak sekolah itu sendiri. Kebanyakan perkara ini terjadi dikalangan senior dan anabawang (siswa baru). Siswa senior tersebut mempunyai anggapan bahwa dirinya memperoleh respect dari juniornya. Bahkan siswa siswa tersebit tidak segan untuk melaksanakan aneka macam cara dalam mempermalukan juniornya menyerupai tunjangan eksekusi secara fisik maupun tindakan yang bersifat negatif lainnya.
Kasus bullying yang terjadi dikalangan anak sekolah memang sudah bersifat turun temurun. Bahkan telah menjadi budaya dikalangan senior dalam memberi pelajaran dikalangan juniornya meski dengan cara yang salah. Lalu, siapa yang patut disalahkan dalam hal ini?
Apabila kita lihat beberapa tahun ke belakang, aktivitas Masa Orientasi Siswa (MOS) merupakan sarana pembullyan anak sekolah, baik dalam tingkat SMP, SMA, dan perkuliahan. Tujuan MOS sebetulnya untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru, melatih kekompakan antar siswa, serta hal hal positif lainnya. Namun kenyataannya malah disalah gunakan untuk hal hal yang bersifat negatif menyerupai kekerasan fisik.
Sekarang ini aktivitas MOS sudah ditiadakan bahkan telah dirubah sistemnya. MOS kini dilakukan oleh pihak guru untuk membekali siswa siswa gres sesuai peraturan Permendikbud Nomor 18 tahun 2016 mengenai Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Tetapi masih ada sisa sisa pembullyan yang terjadi dikalangan anak sekolah. Siapa yang patut disalahkan? Apabila tindakan pembullyan terjadi dilingkup sekolah maka yang patut disalahkan yakni pihak sekolah dikarenakan telah lalai dalam mengawasi aktivitas siswanya. Namun jikalau bullying dilakukan diluar sekolah maka yang patut disalahkan ialah pelaku serta pihak orang bau tanah lantaran kurang mengawasi tindakan anak anaknya.

Baca juga : Menentukan Keteladanan dan Keistimewaan Tokoh Dalam Teks Biografi Lengkap

Dalam video bullying yang sedang viral kini ini, insiden tersebut terjadi diluar jam sekolah dan diluar lingkup sekolah. Maka dari itu pihak yang perlu disalahkan ialah orang bau tanah dari pelaku itu sendiri. Namun pihak sekolah juga harus menanggapi hal hal yang berkaitan dengan perkara tersebut. Terlepas dari hal hal tersebut, tindakan bullying memang patut diperhatikan oleh seluruh lapisan masyrakat. Hal ini dilakukan untuk membimbing anak menjadi lebih baik biar tidak terjadi hal hal menyerupai ini lagi.
Demikianlah pola tajuk planning di surat kabar perihal pendidikan yang sanggup saya bagikan. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Pada dasarnya pola tajuk planning sangat gampang untuk kita temukan lantaran surat kabar merupakan potongan dari kehidupan kita sehari hari.
You might also like
close