Home Bahasa Indonesia 10 Pola Percakapan Singkat Bahasa Indonesia Wacana Pendidikan, Jual Beli, Dan Liburan

10 Pola Percakapan Singkat Bahasa Indonesia Wacana Pendidikan, Jual Beli, Dan Liburan

26
0

Contoh Percakapan Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan, Jual Beli, dan Liburan – Dialog atau percakapan merupakan materi dasar yang harus dikuiasai oleh siswa. Contoh percakapan termasuk kedalam materi bahasa indonesia dan umum ditemui di kelas VII sekolah menengah pertama hingga kelas XI Sekolah menengah atas. Penggunaan pola percakapan tidak lain dan tidak bukan adalalah untuk mengasah kemampuan siswa dalam melaksanakan obrolan percakapan. Dialog percakapan senirit terdiri dari percakapan 2 orang, 4 orang, 6 orang dan lain sebagainya yang menyesuaikan jumlah orang dalam obrolan tersebut. Contoh percakapan umumnya mempunyai tema perihal liburan, pendidikan, jual beli, dan lingkungan.

Pada dasarnya anda sanggup menciptakan pola percakapan 2 orang perihal pendidikan, jual beli, dan liburan dengan sangat gampang alasannya yakni percakapan sudah menjadi bab dari hidup kita. Dalam kehidupan insan setiap orang mustahil terlepas dari obrolan atau percakapan baik itu dilakukan hanya 2 orang saja maupun beramai-ramai. Sebagai pola dikala anda berdialog dengan teman anda membahas seputar gadged, game, liburan dan sebagainya sudah termasuk kedalam percakapan.

Contoh Percakapan Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan 10 Contoh Percakapan Singkat Bahasa Indonesia Tentang Pendidikan, Jual Beli, dan Liburan

Hal yang mendasari atau menjadi faktor sebuah percakapan yakni adanya partisipan, tema, pebicaraan atau obrolan dan hasil percakapan. Tanpa hal tersebut maka pembicaraan tidak akan bisa dinamakan percakapan.

Contoh Percakapan Singkat Bahasa Indonesia

Pada dasarnya untuk menciptakan sebuah percakapan singkat sangat gampang alasannya yakni bahu-membahu tanpa kita sadari percakapan singkat merupakan bab dari kehidupan kita. Pada artikel kali ini saya akan membahas perihal pola percakapan singkat yang dilakukan oleh 2 orang. Contoh percakapan dibawah ini sanggup anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan anda.

Contoh Percakapan Singkat Tentang Pendidikan

Mengerjakan PR
Bilal: Rani?, PR bahasa Indonesia punyamu sudah kau kerjakan apa belum?
Rani: Emm. Belum. Kamu sudah belum?
Bilal: Sama saya juga belum nih.
Rani: Kalo gitu, mau enggak kau berguru kelompok dirumahku nanti malam sesudah makan, kita kerjain bareng?
Bilal: Boleh juga ran, nanti kita kerjain bareng. Aku dateng sekitar jam 7 nanti.
Rani: Okke saya tunggu ya.

Menuju Perpustakaan
Rara: Nissa, Yuk kita ke kantin!.
Anissa: Emm saya tidak punya uang saku, saya ke perpustakaan aja deh.
Rara: Oh, enggak papa kok, supaya saya nanti yang bayar oke?.
Anissa: Terimakasih tapi saya lebih pengen baca buku di perpustakaan aja kok.
Rara: Oke, tapi saya ikut kau ke perpustakaan aja deh kalo gitu.

Tidak Masuk Sekolah
Zizah: Lind? ratih mana?
Linda: Kayaknya nggak berangkat deh.
Zizah: Kira-kira nggak berangkat alasannya yakni apa ya?
Linda: Emm keamarin saya tanya ratih katanya sakit zah. apa mungkin ya kini beliau masih sakit?
Zizah: Wah bisa jadi itu. Gini aja, nanti kita kerumahnya yuk nengokin dia.
Linda: Ayuk

Selain pola percakapan singkat 2 orang yang membahas perihal pendidikan di atas. Masih terdapat beberapa pola percakapan singkat yang membahas jual beli, dan liburan dibawah ini

Contoh Percakapan Singkat Tentang Jual Beli

Tawar menawar
Ibu: Bu, tolong ambilkan baju warna biru disitu.
Penjual: Baik bu, tunggu sebentar.
Ibu: Wah elok ya bahanny.
Penjual: Iya bu itu kualitasnya elok alasannya yakni didatangkan eksklusif dari jakarta.
Ibu: Berapa harganya bu?
Penjual: Rp.70.000,- saja bu.
Ibu: Wah kemahalan bu, bisa kurang nggak?
Penjual: Maaf bu, itu sudah murah alasannya yakni saya ambil labanya cuma sedikit.
Ibu: Rp.65.000,- deh bu kalo boleh.
Penjual: Baik bu, saya bungkuskan dulu.

Beli Bakso
Tukang Bakso: Bakso, Bakso (sambil memukul kentongan kecil)
Andi: Pak baksonya pak.
Tukang Bakso: Iya dek.
Andi: Baksonya 2 mangkuk pak, yang satu pedes yang satu enggak.
Tukang Bakso: Bentar ya dek, saya buatkan dulu.
Andi: Bapak jualan disini setiap hari ya pak?
Tukang Bakso: Iya dek, adek gres pindahan ya? soalnya kok bapak lihat masih asing.
Andi: Iya pak, papa mama gres pindahan kemarin pak.
Tukang Bakso: Oh, nama bapak pak ahmad. Kalo adek laper bisa beli bakso saya dek, soalnya saya tiap malam keliling komplek ini.

Menjual Hasil Karya
Siswa: Selamat siang pak? saya siswa dari Sekolah Menengah kejuruan Tunas Bangsa. Saya mau menjual beberapa kerajinan karya saya pak. Silahkan dilihat-lihat dulu barangkali bapak tertarik.
Pak rahmat: yang dijual apa aja dek?
Siswa: Ini pak, hasil kerajinan kelompok saya pak. Ada tas rajut, Sepatu kayu, Miniatur rumah, dll.
Pak rahmat: Wah kelompok apa dek? kok pada kreatif banget.
Siswa: Iya pak, jadi ini salah satu kiprah kewirausahaan. Kelas saya dibagi beberapa kelompok 2 orang dan 4 orang untuk menciptakan kerajinan tangan yang nanti mau dijual.
Pak rahmat: Owalah kewirausahaan. Oke deh, saya ambil miniatur rumahnya saja ya? berapa harganya?

Contoh Percakapan Singkat Tentang Liburan

Liburan Semester
Andi: Halo ngga, usang nih nggak ketemu? gimana kabarnya?
Angga: Baik ndi, kau sendiri gimana? wah udah 2 ahad ya nggak ketemu.
Andi: Aku juga baik. Iya nih, 2 ahad kemarin kau kemana aja?
Angga: Aku cuma liburan biasa ndi, kepantai jogja.
Andi: Wah elok tuh, niscaya pemandangannya indah deh.
Angga: Iya ndi, Apa lagi pas matahari terbenam, semuanya serba jingga. Eh kau 2 ahad kemarin ngapain aja?
Andi: Aku juga liburan. Ke puncak bogor. hehehe.

Rencana Liburan
Raka: Dim, Bentar lagi udah libur selesai semester nih. Kamu mau kemana liburan nanti?
Dimas: Kemana ya? Ah paling ke rumah kakek nenek aja kok. Lha kau sendiri ada program kemana liburan nanti?
Raka: Aku malah belum punya rencana. Eh gimana kalo Akhir liburan nanti kita muncak aja gimana?
Dimas: Wah boleh juga tuh.
Raka: Kita muncaknya nunggu kau habis pulang aja.
Dimas: Sipp. Tumben rencanamu bagus. heheh.

Itulah beberapa pola percakaan singkat 2 orang perihal pendidikan, jual beli, dan liburan yang sanggup saya sampaikan. Pada dasarnya anda sanggup menciptakan pola ppercakapan singkat sendiri bedasarkan keseharian dan kegiatan anda. Untuk menciptakan pola percakapan singkat sendiri tidaklah sulit, yang perlu anda lakukan pertama kali yakni memilih tema, kemudian menyusun kalimat sesuai tema tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.